Rabu, 17 September 2014

Kelas maya  [virtual class]

Pengertian
Kelas Maya / Kelas Virtual 
 
Adalah sebuah lingkungan belajar berbasis Web yang :  

 memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khusus jejaring pembelajarasosial (social learning network), untuk pemelajaran dan  manajemen dan memuat konten-konten digital yang dapat diakses dan dipertukarkan di mana saja, darimana saja, dan kapan saja.
 
Dalam Kelas Maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang   dapat dipantau baik oleh guru,  siswa, maupun orang tua . Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh , system tersebut  juga  dapat  digunakan  sebagai penunjang kelas tatap muka.
 
Yang  membedakan kelas maya / virtual  dengan kelas biasa , yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.
 
Jenis jenis kelas maya
 Maksudnya jenis cara penyampaian / pengelolahan kelas maya
 
1.  Learning Management System (LMS)
 
LMS adalah salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk   perencanaan, pengiriman,dan pengelolaan kegiatan dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk pembelajaran  daring(online) ,  ruang kelas virtual ,  dan program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS antara lain : Moodle, Dokeos, aTutor.
 
2.     Learning Content Management System (LCMS)
 
LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS  adalah sebuah aplikasi perangkat  lunak  untuk  mengelola  konten pembelajaran dalam berbagai bidang pelatihan dan  pengembangan.  LCMS  tidak  hanya  dapat  membuat, mengelola, dan memberikanmodul-modul  pelatihan  saja,  tetapi  juga  mengelola  dan  menyunting  (edit)  semua bagian yangmembentuk sebuah katalog pelatihan.
 Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat,  mengimpor,  mengelola, mencari, dan menggunakan  kembali   unit  kecil  dari konten pembelajaran   digital  dan  asset yang sering  pula  disebut  sebagai  objek pembelajaran.  Aset ini  dapat  mencakupfile media yangdikembangkan  dalam  penilaian  item,  simulasi,  teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan.  Contoh  dari LCMS antara lain : Claroline,e-doceosolutions.
 
3.   Social LearningNetwork (SLN)
 
SLN adalah jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas dari pada  kelompok   belajar.  Mengingat skala , sosialnya yang lebih besar, media ini  bagise bagian  peserta dapat  menyebabkan  pengubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagisebagian lain tidak menimbulkan   dampak apa-apa.
 
Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di Indonesia merupakan hal yang baru.Jika dinegara lain  sudah berlangsung  sejak beberapa tahun  terakhir, kita baru akanmulaimenerapkan dan  menyosialisasikan. Hal yang suka atau tidak suka harus kita hadapi bersama  adalah kenyataan  bahwa  penggunaan   komputer  atau laptop masih jauh darimerata di tanah air kita.
 
Oleh karena kita belum memiliki hasil penelitian di lingkungan kita   sendiri, untuk sementara dapat kita gunakan hasil penelitian orang lain dalam konteks lain agar kita segeradapat melangkah menyongsong masa depan yang berubah dengan sangat cepat. Atau, dapatpula kita gunakan hasil pengamatan kita secara informal danempiris terhadap hal hal yang sedang terjadi di lingkungan kita.
 
Misalnya, apakah prestasi para siswa meningkat ketika mereka asyik menggunakan waktudi jejaring sosial? Pengamatan sepintas mengatakan  prestasi mereka bahkan-menurun,karena pada umumnya-mereka  menggunakan kebebasan tak terhingga”danmenghabiskan waktu hany    untuk chatting, saling-mengomunikasikan  hal-hal yang tidakbermanfaat.
 
 
Manfaat kelas maya
 
-> Di dalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di dalam kehidupan seharian mereka.
 
-> Selain dari itu, mode pelaksanaan kelas maya ini memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapat di dalam forum yang telah disediakan. Melalui forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi sesuatu topik yang dibincangkan. Melalui kaedah ini, pembelajaran, pemikiran kritis dan kreatif boleh berlaku dengan berkesan.  Melalui interaktiviti juga seseorang pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk memenuhi keperluan ingin tahunya dan membina pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan pelajar sebagai seorang yang berdikari dan peka terhadap pembelajaran yang dialaminya
 
Fitur yang terdapat di kelas maya

   Macam-macam fitur di kelas maya :

1.  Konten yang relevan dengan tujuan belajar.

2.  Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar siswa.

3.  Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan metode belajar.

4.  Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).

5.  Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.
 
Contoh penyampaian kelas maya
                                                                                                                                
Contoh salah satu  aplikasi untuk penyampaian kelas maya : edmodo

1. Pemanfaatan pada jejaring sosial Edmondo  

     Edmodo adalah program jejaring sosial untuk guru, siswa dan orang tua yang berbasis sekolah. Sebenarnyan  program jejearing sosial ini telah dikembangkan mulai September 2008 oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara. Edmodo merupakan representasi institusi virtual yang berkantor pusat di San Mateo, California. 
Kalau anda mau tau lebih lengkap mengenai edmodo . silakan buka post saya 
http://programerza.blogspot.com/2014/09/apa-itu-edmodo.html “
 
Silakan membaca :) .
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar