Rabu, 24 September 2014

cara membuat , pengaturan profil, bergabung dengan grup , perpustakaan maya , catatan , kuis , kalender , search dan filter , materi pembelajaran polling EDMODO .

Pada postingan sebelum sebelum ya ane sudah memposting tentang EDMODO .
Jadi pada kesempatan kali ini ane akan memposting
-   cara membuat edmodo
-   pengaturan profil
-   cara bergabung dengan grup/ kelompok
-  perpustakaan maya
-  catatan
- tugas /kuis
- kalender
- search dan filter
- materi pembelajaran
- jajak pendapat / polling

Ok…. Sebelum ya,  bagi kalian yang belum tahu sempat membaca postingan saya tentang edmodo , silakan klik link ini  “http://programerza.blogspot.com/2014/09/apa-itu-edmodo.html “.

A. cara membuat EDMODO
            Pertama-tama klik atau search “ edmodo “ maka aka nada tampilan seperti ini , dan sebelum memulia pengisian data , isilah yang berada disana terlebih dahulu.
{ Note: klik terlebih dahuluy student ya }             


 untuk selanjutnya klik “ sign up for free “ .
dan selamat anda berhasil membuat edmodo anda J
B. pengaturan profil
            Disini anda akan berusaha untuk membuat semenarik mungkin profil anda sendiri
Untuk pengaturan Klik Me sudut kanan atas, Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. 

Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:
1. Mengubah foto profil  Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
2. Mengubah informasi pribadi  Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
3. Anda dapat mengubah kata sandi (password).

C. cara bergabung ke grup / kelompok
            Klik tanda panah O sama + yang bergabung itu dan

Silakan isi group atau klompok yang anda tuju

 D. perpustakaan maya
            Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan Fileyang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapatmenambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapatdigunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehinggasiswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.

#Mengunggah Bahan Ajar di Library
Library selayaknya perpustakaan di sekolah. Sebagai guru, Anda bisa mengunggah dokumen maupun link situs sebagai referensi bagi siswa. Anda juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk memudahkan akses bagi setiap kelas.
a. Masuk ke kelas yang telah dibuat, kemudian klik create and share folder with this group in the Library.
b. Muncul halaman library . Klik new untuk membuat folder baru.c. Tentukan nama folder dan kelas mana saja yang dapat mengakses folder tersebut lalu klik create.
d. Kembali ke halaman library, klik untuk menambahkan file atau referensi lain. Muncul jendela upload to library.

Beri tanda (mark) add to folder apabila Anda ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan file, kemudian klik upload untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin ditambahkan berupa link, klik tab link untuk memasang link atau alamat suatu situs.






E. catatan
            Cara mengirim catatan (Note) di Edmodo atau kalau pingin posting atau istilah kerennya “nyetatus”. Tapi perlu diingat nyetatus di edmodo jangan disamakan ketika Anda nyetatus di facebook. Disini adalah kelas virtual kita, jadi gunakan untuk bertanya, pemberitahuan, pengumuman dll yang berhubungan dengan pelajaran, tugas ataupun sekolah. Langkah-langkahnya :
a. Sign ke akun edmodo kita
b. Klik type your note here.
c. Kemudian ketik catatan kita dan pilih ke siapa saja kita yang akan kita kirim, kemudian kalau ingin menyertakan file, link atau library tinggal pilih yang dibawahnya itu (misal pingin melampirkan gambar atau pdf atau word dll)
d. Kemudian klik di kolom send to, nah disitu nanti akan muncul daftar kelas atau guru, tinggal dipilih ingin di kirim ke salah satu orang atau ke semua atau ke gurunya (di klik saja), kalau sudah pilih send.


F. tugas /kuis

            Quiz  atau bisa juga disebut tugas  digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda,isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentangkuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap butir soalquiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat,sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.

# Cara Mengerjakan Soal Ulangan (Quiz)

a.Sign ke akun edmodo kita
b.Klik tombol Quiz
c.Selanjutnya kerjakan Quiz (Ulangan) sampai selesai. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis.
d.Klik pilihan pendapatmu tentang quiz tersebut untuk bisa mengkil View Result, maka nilai Kamu akan muncul

G. kalender
Pada kolom kalender Edmodo anda bisa berbagi event atau kegiatan yang ada dalam sekolah maupun universitas. Ini sangatlah mudah bagi anda untuk yang tidak sempat untuk meluangkan waktu membuat jadwal dan ditempelkan ke dinding wacana, anda bisa mengatur semua aktifitas atau jadwal yang anda inginkan dengan mudah disini.

 H. Search dan filter
search untuk mencari suatu data yang diperlukan yang berhubungan dengan edmodo agar lebih cepat. Berikut ini adalah tampilan search yang berada diatas tampilan edmodo.

Klik Search yang berada diatas.

sedangkan filter untuk mengurutkan postingan sesuai yang kita inginkan. Berikut ini adalah tampilan filter pada edmodo.

Klik Filter posts by yang berada dipostingan. 


I.Materi pembelajaran 

 Usahakan berikan materi yang sifatnya sebagai trigger untuk siswa, dimana substansi materi dapat memicu siswa untuk dapat menggali informasi lebih dalam lagi secara mandiri.
Buatlah tugas yang memicu aktivitas siswa untuk lebih kreatif dan rancang pula diskusi-diskusi interaktif untuk memancing siswa agar lebih dapat menuangkan ide-ide baru yang bertujuan membentuk pengetahuan mereka menjadi lebih konkrit dan terbaru.

Gunakan Edmodo ini untuk juga membangun kolaborasi antar siswa di sekolah Anda dan siswa di sekolah mitra Anda. Buatlah siswa-siswa tersebut mempunyai pengalaman yang luar biasa dengan tujuan membangun jiwa kooperatif mereka dengan memberikan tugas/project yang harus diselesaikan bersama mitra mereka. Pada intinya sistem yang ada di Edmodo ini sangat powerful sebagai platform e-learning,



J. Jajak pendapat / polling
Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan   poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapansiswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.


sekian dari ane , selamat membaca :) .


           



  





2 komentar:

  1. terima kasih materi daei web anda dapat membantu siswa,
    jangan lupa kunjungannya di materi edmodo berbasis web
    http://www.rahmansoft.tk/2015/11/kegiatan-belajar-7-menerapkan.html

    BalasHapus