Selasa, 03 Mei 2016

Abstract Class, Package, Casting Objek, Overloading & Overriding, Pewarisan Interface



ABSTRACT CLASS
     adalah sebuah class setengah jadi (abstrak) yang memuat/memiliki method dan atrribut. Abstract class sebenarnya adalah sebuah class, sehingga memiliki semua sifat dari class biasa (punya konstruktor). Hanya saja sifatnya masih abstrak, karena itu biasanya method kosong/belum di implementasikan. Namun Abstract class dapat mengimplementasikan method tersebut. Abstract class akan selalu menjadi superclass / hirarki tertinggi dari subclass-subclass-nya.
Kelas abstrak digunakan untuk membuat sebuah kelas yang memiliki method yang belum jelas implementasinya. Berikut ini aturan nya :
·     Jika sebuah kelas memiliki method abstrak maka kelas itu harus menjadi kelas abstrak.
·     Sebuah kelas abstrak dapat saja memiliki method yang tidak abstrak.
·    Jika sebuah kelas abstrak diturunkan menjadi kelas konkret, maka semua method abstrak dari kelas abstrak haruslah ditulis ulang / dibuat ulang di kelas konkretnya dan diberi detail dari methodnya.
·    Jika method abstrak di turunkan dan kelas turunannya adalah kelas abstrak, maka tidak perlu menulis ulang method yang abstrak.


kelas Abstract yang terletak pada posisi tertinggi herarki kelas. kelas ini digunakan sebagai basis bagi penurunan kelas-kelas lainya, sehingga tidak dapat Di Instansiasi secara langsung menjadi objek. sebagai kelas basis kelas ini hanya berisi variable-veriable umum dan deklarasi method tanpa detail implementasi. selanjutnya, kelas yang diturunkan dari kelas abstract class adalah class yang didalam terdapat fungsi abstract.

Fungsi abstract adalah fungsi tanpa implementasi, di mana dikarenakan sifatnya terlalu general sehingga tidak bisa diimplementasikan.

PACKAGE
     adalah sebuah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Package mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas didalamnya. hal terpenting yang diperhatikan pada saat mendeklarasikanpackage, bahwa class tersebut harus disimpan pada suatu directory yang sama dengan nama package nya. 


CASTING OBJEK
Instance dari class juga dapat di-casting menjadi instance dari class lain, dengan satu batasan :
·      Class asal dan tujuan harus direlasikan dalam inheritance, salah satu class harus berupa subclass dari class lain. 
·      Casting object digunakan untuk mengkonversi nilai primitif menuju tipe yang lebih besar, beberapa object tidak perlu mengalami casting secara explisit. 

Gunakan sintaks berikut untuk casting object,

   (classname)object 

classname           - nama class tujuan 
object                   - reference untuk object asal

OVERLOADING DAN OVERRIDING
Ø OverLoading
    Overloading merupakan suatu class yang memiliki method yang namanya sama. Method methodnya hamper sama seperti constructor yaitu memiliki nama yang sama dengan  nama classnya. Namun pada overloading terdapat 2 method yang memiliki nama yang sama tapi beda parameternya. 
Ø OverRiding
     Overriding  memiliki method yang namanya sama namun berbeda class. Method pertama adalah method yang berasal dari class induk dengan parameter yang sama dengan method pada class anak. Pada Overriding nama method dan parameternya pada kedua classnya harus sama.


PEWARISAN INTERFACE
     Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant). Interface mendefinisikan sebuah (signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh.
Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class. Untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.
Polimorfisme adalah proses kebanyakrupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yang berbeda melalui satu cara yang sama. 

Dalam OOP, kita dapat menciptakan objek baru yang diturunkan dari objek lain. Objek baru ini sering disebut dengan objek turunan (derived class) sedang objek induknya sering disebut dengan ancestor (base class). Sifat yang terkandung pada objek turunan adalah sifat hasil pewarisan dari sifat-sifat yang terdapat pada objek induk. Maka dari itu proses seperti ini sering dikenal dengan istilah pewarisan ( Inheritance ).

Kesimpulan 
     Abstract Class berfungsi tanpa implementasi, di mana dikarenakan sifatnya terlalu general sehingga tidak bisa diimplementasikan.
    Package ialah sebuah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library.
    Casting Class ialah Class asal dan tujuan harus direlasikan dalam inheritance, salah satu class harus berupa subclass dari class lain. 


    Overloading Suatu Function yang memiliki parameter , dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda
   Overriding Suatu Keadaan Dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk

    Pewarisan Class ialah sebuah objek yang menciptakan objek lainya dan  memiliki sifat yang sama dari objek yang awal ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar