Jumat, 07 Agustus 2015

Jenis-jenis aplikasi perangkat lunak (Software) dan bagan ruang lungkup Perangkat lunak

Pertama-tama saya mau mengucapkan "Selamat hari libur ~~~~"

    assalamualaikum...., Dipost kali ini ane akan menjelas tentang jenis aplikasi perangkat lunak (software), diantaranya software [ system,Real-time,Embedded,Personal, Artificial Inteligent /AI ].
<<silakan diicip di simak baik-baik J >>

Perangkat Lunak Sistem
    Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan maupun pemrogramannya. 
Contoh-nya:
Sistem Operasi. sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. (Windows, linux, MacOS,dll) 
Bahasa Pemrogramanbahasa pemrograman yaitu intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas.  (compiler/interpreter). (C, Java, C++, C# compiler dll)
Program Utilityprogram utility yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer.

Perangkat Lunak Real-Time.
    Perangkat lunak real-time adalah Program-program yang memonitor/menganalisis kejadian dunia nyata.
    Elemen-elemen perangkat lunak real-time mencakup komponen pengumpul data yang mengumpulkan dan memformat informasi dari lingkungan eksternal,  Perlu dicatat di sini bahwareal-time berbeda dengan interaksi atau timesharing. Sistem real-time harus merespon di dalam suatu rentang waktu yang tetap. Waktu respon sebuah sistem interaktif (timesharing) secara normal dapat diperpanjang tanpa memberikan risiko kerusakan pada hasil. jadi input/output yang memberikan respon pada lingkungan luar dan komponen pengawasan yang mengkoordinasikan seluruh komponen sehingga respon real-time (dengan kisaran waktu 1 milidetik s/d 1 menit) dapat dilaksanakan.

Embedded Software. 
    Embedded software ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol / mengatur hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri.
Contoh-nya:
    Microwave oven, Telpon genggam, Pengaturan avionik pesawat udara, fungsi digital pada kendaraan seperti alat ukur tangki bensin, tampilan dashboard, sistem rem Dan lain-lain.

Perangkat Lunak Komputer Personal (pc)
    Perangkat Lunak Komputer Personal Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan.
Contoh-nya:
    meliputi word processing, spreadsheet,  multimedia, hiburan,  game, DBMS  computer graphic, entertainment, database management, aplikasi bisnis keuangan , Dan lain-lain.

Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan. 
    Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan ialah perangkat lunak kecerdasan buatan (Artificial Inteligent /AI) menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung.
Contoh-nya:
    game, expert sistem, neural network, pengenalan pola (image dan voice), Dan lain-lain.



Selanjutnya ane mau menampilkan ruang lingkup Perangkat Lunak 
( software )



sekian dari ane, mohon maaf jika ada yang kurang, wassalamualikum......
<<jika kurang langkap silakan berguru ke embah google :V >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar