Jumat, 17 Oktober 2014

sejarah perkembangan windows

Sejarah windows



Sejarah Windows - Gambar Logo Windows Dari Masa Ke Masa

********

Windows 1.0


                        Penemu Windows bermula dari Sejarah Windows dimana ketika bulan September 1981, Chase Bishop seorang ilmuwan komputer, membuat rancangan model pertama dari sebuah perangkat elektronik dan proyek "Interface Manager" dimulai. Proyek ini kemudian diumumkan pada November 1983 (setelah “Apple Lisa”, tapi sebelum “Macintosh”) dengan nama "Windows". Dan akhirnya versi pertama Windows yaitu “Windows 1.0” yang berjalan pada MS-DOS 16-bit, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Itu sedikit menjawab mengenai penemu Windows.

                        Windows 1.0 kurang laku di pasaran karena sebenarnya hanya sebuah program tambahan kecil pada MS-DOS di bagian interface atau tampilan antarmuka, bukan sebuah sistem operasi yang lengkap. Selain itu Windows 1.0 ini juga masih memiliki banyak kekurangan.


Windows 2.0


                        Windows 2.0 akhirnya dilluncurkan 2 tahun kemudian tepatnya di bulan Desember pada tahun 1987. Pada versi Windows 2.0 ini sudah banyak perubahan dan pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft, walaupun masih berjalan di atas MS-DOS. Pada versi ini mulai bisa di-install program tambahan sepert Microsoft Excel for Windows  dan  Microsoft Word for Windows.

                        Tampilan Windows 2.0 jauh lebih baik dari versi sebelumnya, kemudian juga memori penyimpanan jauh lebih besar. Windows 2.1 tak lama berselang diluncurkan dengan beberapa tambahan kecil.


Windows 3.0


                        Windows 3.0 diluncurkan pada tahun 1990 dan menjadi tonggak awal kesuksesan Microsoft Windows. Dengan banyaknya perubahan terutama pada tampilan antarmuka dan juga memori-nya Windows 3.0 mampu mempesona para pengguna komputer, walaupun masih beroperasi melalui MS-DOS. Dan hasilnya Windows 3.0 berhasil terjual sebanyak 2 juta kopi hanya dalam waktu 6 bulan pertama, dan selama 2 tahun terjual 10 juta kopi.

                        Windows 3.1 dirilis 2 tahun kemudian pada tanggal 1 Maret 1992 dengan beberapa perbaikan. Dan disusul kemudian dengan Windows for Workgroups 3.1 yang merupakan versi Windows 3.1 dengan fitur jaringan peer to peer terintegrasi. Dan dilanjutkan dengan munculnya Windows 3.11.

Windows 95


                        Sejarah Windows berlanjut dengan berakhirnya versi Windows dengan sistem penomoran seperti Windows 1.0, 2.0, dan 3.0. Dan ditandai dengan peluncuran versi baru Windows dengan penomoran berdasarkan tahun.

                        Windows 95 diluncurkan tanggal 24 Agustus 1995 sebagai awal sistem operasi Windows Hybrid (16-bit/32-bit), yang berjalan tanpa MS-Dos meski tidak sepenuhnya. Windows 95 menggunakan tampilan muka yang telah mengalami perubahan. Terutama dengan munculnya beberapa menu beru yang sebelumnya tidak ada yaitu “Start”, “Taskbar”, dan “Windows Explorer”.

Windows 98


                        Windows 98 kemudian diluncurkan pada tanggal 25 Juni 1998. Di versi Windows 98 ini diperkenalkan beberapa fitur baru yaitu Windows Driver Model, ACPI, hibernasi, dukungan untuk perangkat komposit USB, dan dukungan untuk konfigurasi multi-monitor.

                        Windows 98 Second Edition (Windows 98 SE) diluncurkan kemudian di tanggal 5 Mei 1999, yang merupakan versi terbaru dari Windows 98. Dengan beberapa perbaikan dan fitur tambahan, ada 2 program tambahan yang cukup menonjol pada Windows 98 ini yaitu “Internet Explorer 5.0” dan “Windows Media Player 6.2”.

 Windows ME (Millenium Edition)


                        Windows ME (Millenium Edition) dirilis kemudian pada tanggal 14 September 2000. Selain tampilannya yang lebih bagus beberapa fitur Windows ME lain yang ditambahkan diantaranya Windows Media Player 7, Windows Movie Maker, dan Windows Image Acquisition framework. Selain itu Windows ME juga memiliki waktu boot yang jauh lebih cepat.

 Windows XP


                        Sejarah Windows berlanjut dengan penggabungan antara versi 9x dengan versi NT, ditandai dengan rilisnya Windows XP pada tahun 2001. Windows XP merupakan versi Windows terlama masa hidupnya dari tahun 2001 sampai 2007. Windows XP cukup sukses di pasaran terutama pasar PC rumahan.


Windows Vista


                        Windows Vista diluncurkan pada 30 November 2006. Windows Vista memiliki beberapa perubahan tampilan dan fitur. Windows Vista fokus pada fitur keamanannya.


Windows 7


                        Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Juli 2009. Dengan beberapa perbaikan Windows 7 terasa lebih fokus dan lebih kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras lainnya. Windows 7 dilengkapi fitur tambahan seperti dukungan multi-touch, taskbar yang diperbarui, sistem jaringan disebut HomeGroup, dan beberapa keunggulan lainnya.


Windows 8



                        Dan sejarah Windows akhirnya berujung pada diluncurkannya Windows 8 oleh Microsoft Windows pada tanggal 28 Oktober tahun 2012. Beberapa perubahan mendasar yang sangat mencolok terlihat pada tampilan antarmuka di Windows 8 ini, dimana tidak adanya “Start Button”.

                        Windows 8 melakukan banyak perubahan lainnya yang mengutamakan optimasi untuk perangkat berbasis sentuhan seperti tablet dan all-in-one PC. Perubahan Windows 8 lain termasuk cloud services, platform online lainnya (seperti jejaring sosial, Microsoft SkyDrive, dan Xbox Live).

                        Windows 8.1 diluncurkan pada tanggal 17 Oktober 2013, dan mencakup beberapa fitur baru. Perubahan yang mencolok dari Windows 8.1 adalah munculnya kembali tombol “Start”, dan masih ada banyak revisi lain dari Windows 8.1. 

******
sumber :
http://kumpulansejarah1001.blogspot.com/
- http://hadeafielareblog.blogspot.com/

selamat membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar